Menu
dan Ikon pengolah kata
Microsoft
Word 2007
Ø
Pengenalan program pengolah kata
1.
pengertian
program pengolah kata
Microsoft Word
merupakan yang paling banyak digunakan
oleh masyarakat. Microsoft Word atau yang sering disingkat MS. Word, merupakan program
aplikasi Office yang digunakan sebagai pengolah kata (Word Processing
Software).
2.
sejarah
singkat Microsof word
Microsoft Word atau
Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word Processor)
andalan Microsoft. Perangkat ini, pertama diterbitkan pada tahun 1983dengan
nama Multi-Tool Word untuk xenix, versi-versi lain kemudian dikambangkan untuk
berbagai system operasi. Perkembangan Microsoft Office Word dari tahun ke tahun
sebagai berikut.
a. Microsoft
Office 3.0 dirilis pada bulan agustus 1992, berisi Word 2.0, 4.0
Exsel,PowerPoint 3.0,dan Mail 3.0
b. Microsoft
Office 4.0, 4.1, 4.2 dirilis berisi Word 6.0, 4.0 Excel, PowerPoint 3.o dan
Mail.
c. Microsoft
Office 95 dirilis pada bulan agustus 1995.
d. Microsoft
Office 97 dirilis dengan banyak fitur dan pengembangan disbanding versi
sebelumnya.
e. Microsoft
Office 2007 versi ini banyak versi-versi disembungikan
f. Microsoft
Office XP (2002) dirilis bersamaan dengan windows XP, dan merupakanupgrade
besar dengan berbagai perangkat tambahan dan perubahan atas Office 2007.
g. Microsoft
Office 2003 dirilis pada tahun 2003. Dengan fitur logo baaru. Dua aplikasi baru
jugaada yaitu, Microsoft InfiPath dan OneNote.
h. Microsoft
Office 2007 dirilis pada tahun 2007 dengan fitur baru antarmuka pengguna grafis
baru yang disebut fluent User Interface, mengganti Menu dan Toolbar.
i.
Microsoft Office
2010 dirilis pada tanggal 15 april 2010, dan tersedia bagi konsumen pada
tanggal 15 juni 2010. Office 2010 diberi nomor versin14,0.
j.
Microsoft Office
2013 lebih berbasis cloud dari versi
sebelumnya.
3. Kegunaan
program Microsoft Word
a.
Mengolah tulisan
b.
Membuat grafik,table,dan lain-lain.
c.
membuat gambar-gambar bawaan dari program dengan fasilitas Clip Art.
d.
Menggunakan model huruf dan bentuk huruf yang artistik dengan fasilitas
WordArt.
e.
Membuat bagan, denah, flowchat,dan lain-lain dengan fasilita drawing.
f.
penulisan rumus matematika dengan fasilitas Equation.
g.
membuat grafik dengan fasilitas Chart.
4. Kelebihan
program Microsoft Word
a.
Mudah dioperasikan.
b.
Semua Menu dan Ikon mudah dipahami.
c.
Mudah dalam mengelola file.
d.
Bila listrik padam, Microsoft word memiliki fasilitas Autorevocery.
e.
dapat mencetak seperti dalam penampilannya.
f.
Bila terhubung dengan jaringan internet, Microsoft word dapat dipakai untuk
mengirim e-mail atau faks.
g.
memiliki keragaman warna.
h.
Memiliki beragam jenis dan ukuran font.
i.
program ini didukung pula oleh fasilitas
ClipArt, WordArt,Drawing, Equation, dan Chart.
5. Mengenal istilah dalam menggunakan mouse (tetikus)
Fungsi mouse
pada prinsip nya adalah sebagai petunjuk (pointer), untuk menentukan pilihan
(option), dan menjalankan perintah dengan cara mengklik perintah tertentu.
Bagian-bagian dari sebuah mouse yang umum digunakan sebagai berikut.
a.
Tombol kiri(left
button), untuk memilih atau menjalankan perintah.
b.
Tombol kanan
(right button), untuk mengaktifkan menu pop-up.
c.
Tombol gulung
(scrolling button), untuk menggulung layar.
d.
Normal select,
untuk memilih menu ikon.
e.
Text select,
untuk memilih tempat menyisipkan teks.
f.
Busy, computer
sedang dalam menjalankan perintah.
g.
Vertical Resize,
mengubah ukuran objek secara vertical.
h.
Horizontal
Resize, mengubah ukuran objek secara horizontal.
i.
Diagonal Resize,
mengubah ukuran objek secara diagonal ke kanan atas atau ke kiri bawah.
j.
Move,
memindahkan objek.
k.
Links select,
memilih hyperlink.
Selain
menjalankan fungsi diatas, mouse dapat menjalankan banyak fungsi yang lain
dengan cara klik kiri, klik kanan, atau double klik kanan, serta drag dan drop.
Adapun fungsinya adalah sebagai berikut.
a. Pilih
(point), perintah untuk memindahkan penunjuk mouse ke lokasi tertentu di bidang
layar.
b. Klik
(click), perintah untuk menekan tombol kiri mouse satu kali.
c. Klik
kanan ( right click), perintah untuk menekan tombol kanan mouse satu kali.
d. Klik
ganda (double click), perintah untuk menekan tombol kiri mouse dua kali secara
cepat pada posisi mouse dalam.
e. Seret
(drag), perintah untuk menggeser mouse sambil menekan tombol kiri ke posisi
yang diinginkan.
f. Lepaskan
(drop), perintah untuk melepaskan tombol mouse setelah selesai mouse diseret.
Ø
Menjalankan Program Microsoft Word 2007
1.
Syarat-syarat
mengoperasikan program Microsoft Word 2007
a. Prosessor
minimal Pentium III atau lebih.
b. Operating
system menggunakan Windows XP Service Pack 2, atau Window 7.
c. Memori
minimum 256 MB atau lebih.
d. Monitor
minimal Super VGA (800 x 600), disarankan diatasnya.
e. Disk
Space yang tersisa minimal 2 GB.
2.
Cara
menginstal aplikasi Microsoft Word 2007
a. Masukkan
CD installer word kedalam cD/DVD-rom computer anda. Tunggu hingga muncul
jendela Autoplay untuk instalasi.
b. Isikan
nomor seri yang Anda miliki.
c. Lakukan
proses instalasi sesuai dengan instruksi yang sesuai.
3.
Cara
uninstall aplikasi Microsoft Word 2007
a. Tekan
tombol start > Control Panel.
b. Tekan
ikon Programs and features.
c. Tekan
ikon uninstall or change a programs kemudian pilihlah item Microsoft Office
Enterprise 2007 kemudian tekan tombol uninstall.
d. Ikutilah
langkah uninstall hingga selesai.
4.
Cara
mengaktifkan program Microsoft Word 2007
a. Cara
yang pertama
1) klik
tombol Start yang ada pada Taskbar dan pilih All Programs.
2) Pilih
Microsoft Office
3) Klik
Microsoft Office Word 2007 (atau versi lainnya)
b. Cara
yang kedua
1) Kill
tombol Start yang ada pada Taskbar dan pilih Run atau dapat pula dengan menekan
tombol Win+R.
2) Kemudian
ketik perintah “winword”
3) Kemudian
tekan tombol OK.
c. Cara
yang ketiga
1) Klik
ganda shortcut yang akan dibuka.
2) Klik
logo Microsoft Word 2007.
Setelah
salah satu cara diatas dilakukan, akan muncul jendela Microsoft Word.
Ø
Mengakhiri Program Microsoft Word 2007
1.
Cara
pertama
Klik
tombol X yang terletak pada sudut kanan atas jendela Microsoft Word 2007.
2.
Cara
kedua
a. Klik
tombol Office Button
b. Klik
tombol Exit Word yang terletak pada sudut kanan bawah atau tekan Alt+F4.
3.
Cara
ketiga
Klik shortcut Ctrl+W pada keyboard
secara bersamaan.
Pada saat menutup Microsoft word adad
beberapa perubahan dokumen yang belum Anda simpan, swehingga muncul kotak
dialog.
Jika anda klik Yes, berarti anda akan
menyimpan dokumennya. Jika klik No, berarti anda tidak akan menyimpan
dokumennya, atau jika klik Cancel, berarti anda tidak jadi keluar dari
Microsoft Word.
Ø Lingkungan
Kerja Program Microsoft Word 2007
Tampilan word bisa kita istilahkan dengan nama
lingkungan kerja, yaitu tampilan software yang akan digunakan. Lembar kerja Microsoft
word 2007 terdiri atas bagian-bagian yang memiliki fungsi yang berbeda-beda
sebagai berikut.
1.
Office
Button
Letaknya
berada dibagian kiri atas jendela word 2007. Jika anda klik tombol ini, maka
akan berisi perintah-perintah yang berkaitan dengan dokumen seperti New(membut
dokumen baru), Open (membuka dokumen), Save (menyimpan dokumen), Save as
9menyimpan dokumen dengan nama atau lokasi baru), Print (mencetak dokumen),
prepare , Send, publish, dan Close.
2.
Quick
Access Toolbar
Terletak
disebelah kanan Office Button pada bagian Title bar. Berfungsi untuk
menampilkan command button (tombol-tombol shortcut) yang dering anda gunakan
untuk mengolah dokumen.
3.
Batang
Judul (Title Bar)
Berfungsi
untuk menampilkan nama file atau dokumen yang sedang dibuka beserta
ekstensinya. Komponen ini terletak dibagian atas jendela Word 2007.
4.
Tab
Menu
Tab
Menu berguna untuk menampilkan grup-grup yang berfungsi untuk mengakses
fungsi-fungsi yang sering ditampilkan di word 2007.
5.
Grup
Grup
merupakan komponen-komponen yang diletakkan didalam satu grup box dibawah tab
menu. Didalam grup terdapat tombol-tombol yang disebut dengan commond button.
Setiap grup terdiri dari berbagai command button yang memiliki fungsi yang
sama.
6.
Command
Button
Command
Button berfungsi untuk mengakses fungsi-fungsi yang sering digunakan di Word
2007. Pengganti menu dan toolbar pada word 2007 biasa disebut Ribbon, dirancang
untuk membantu anda bekerja lebih produktif serta mudah dalam menggunakan
seluruh fasilitas dan ufungsi yang disediakan.
7.
Batang
Status (Status Bar)
Batang
status adalah baris horizontal yang menampilkan informasi jendela dokumen yang
sedang ditampilkan. Batang status berfungsi untuk menampilkan berbagai
informasi umum tentang dokumen yang dibuka, misalnya jumlah halaman, jumlah huruf,
dan sebagainya.
8.
Tombol
Kendali (size button)
Terletak
disudut kanan, tombol size button sebagai berikut.
Minimize
button, perintah memperkecil jendela hingga membentuk ikon aktif pada taskbar.
Maximize
Button, perintah untuk memperbesar ukuran jendela hingga satu layar penuh.
Restore
Button, perintah untuk mengembalikan jendela ke ukuran semula.
Close
Button, perintah untuk menutup atau mengakhiri jendela aplikasi.
9.
Tombol
Microsoft word Help
Pada
posisi paling kanan dari baris nama tab ribbon terdapat tombol Microsoft Office
Help. Tombol ini berfungs untuk menampilkan jendela Word Help yang berisi
informasi tentang seluk-beluk pengolah kata Microsoft Word 2007.
10. Mistar (ruler)
Ruler
merupakan kotak pengukuran yang diletakkan secara horizontal, yaitu diatas
dokumen, dan secara vertical, yaitu disebelah kiri dokumen. Ruler berfungsi
untuk mempermudah melakukan pengaturan letak halaman.
11. Kotak Pembagi
(split box)
Kotak
pembagi (split box) berfungsi untuk membagi area kerja menjadi dua bagian
jendela. Dengan demikian, anda dapat melihat dua dokumen pada waktu bersamaan.
Cara menggunakan kotak pembagi sebagai berikut.
a. Arahkan
penunjuk mouse pada kotak pembagi.
b. Saat
menunjuk mouse berubah menjadi resize pointer, klik dan seret batang
pembagiannya (split bar) ke bawah, lalu lepaskan.
12. Menu Bar
Menu
bar berisi serangkaian perintah yang didalamnya terdapat sub-sub perintah yang
sesuai kategorinya.
13. Ribbon
Ribbon
merupakan tempat berkumpulnya berbagai perintah Microsoft Word. Ribbon memilik
tujuh tab utama, yaitu Home, Insert, page Layout, References, Mailings, Review,
dan View. Setiap tab terdiri atas grup perintah berubah ikon dan teks (command
button) yang memiliki fungsi tersendiri.
14. Area Kerja
Area
kerja inilah badan lembar kerja dalam Microsoft Word 2007 yang digunakan untuk
menuliskan teks. Cara menampilkan text area dalam wujud grid adalah sebagai
berikut.
a. Klik
pada tab View
b. Sorot
pada bagian Show/Hide, lalu klik pada kotak disepan gridlines untuk member
tanda.
15. View Shortcut
Toolbar
View
toolbar berisi pengaturan jenis tampilan dokumen, antara lain :
a. Print
Layout , yaitu memberikan tampilan sesuai hasil yang akan diterima pada saat
dicetak (default)
b. Full
Screen Reading, yaitu memberikan tampilan halaman penuh.
c. Web
Layout, yaitu memberikan tampilan sesuai hasil yang ditampilkan didalam jendela
browser.
d. Outline,
yaitu memberikan tampilan sesuai heading didalam dokumen dan tingkatan didalam
struktur dokumen.
e. Draft,
yaitu memberikan tampilan yang berkelanjutan (menggabungkan seluruh halaman
seperti dalam satu gulungan). Tiap halaman dipisahkan oleh garis titik-titik.
16. Kursos titik
sisip (insertion point)
Kursor
titik sisip (biasa disebut kursor) berupa garis kecil fertikal yang selalu
berkedip. Fungsi kursor titip sisip adalah untuk memasukkan teks pada area
kerja. Setiap kali data teks dimasukkan, kursor akan bergerak ke kanan.
17. Batang
Penggulung (scoll bar)
Batang
penggulung berfungsi untuk menggeser layar kerja. Scroll bar terdiri dari
vertical scroll bar dan horizontal scroll bar.
18. Tombol Navigasi
Objek (select browse object)
Tombol
navigasi objek berfungsi untuk melakukan pencarian objek-objek seperti field,
endnote, Foodnote, Comment, section, dan page pada dokumen.
19. Zoom
Zoom
digunakan untuk menentukan ukuran tampilan lembar kerja dilayar pada jendela
Word.
Ø
Identifikasi Menu dan Ikon pada program
Microsoft Word 2007
Menu
merupakan perintah-perintah untuk menjalankan program microsof Word. Setiap
menu terdiri atas beberapa submenu, yaitu perintah-perintah yang terdapat dalam
menu.Berikut beberapa menu beserta fungs nya.
1.
Tab
Home
Tab
Home berfungsi menampung fungsi-fungsi yang paling sering digunakan utntuk
mengolah dokemen Word.Fungsi-fungsi yang dimaksud adalah untuk keperluan
memformat dokemen.
2.
Tab
Insert
Tab
Insert berfungsi untuk menyisipkan teks, tanggal atau waktu, symbol, diagram,
objek, dan sebagainya.
3.
Tab
Page Layout
Tab
Page Layout berfungsi untuk mengatur konfigurasi halaman, mulai dari margun,
ukuran kertas, sampai pada menentu spasi.
4.
Tab
References
Tab
References menampung fungsi-fungsi untuk membuat daftar isi, daftar gambar,
indeks, dan lain-lain.
5.
Tab
Mailings
Tab
Mailings menampung fungsi-fungsi yang berkaitan dengan kegiatan surat-menyurat.
6.
Tab
Review
Tab
review menampung fungsi-fungsi untuk melakukan review terhadap dokumen.
7.
Tab
View
Tab
View menampung fungsi-fungsi untuk mengatur penambakan dukomen
Ø
Penggunaan Menu dan Ikon program
pengolah kata
1.
Mengakses
Menu dan Ikon menggunakan shortcut
Semua tab dan tombol perintah pada
Ribbon,selain dapat diakses menggunakan
mouse, juga dapat diaksesmenggunakan tombol keyboard dengan langkah-langkah
berikut.
a. Tekan
tombol Alt di keyboard.
b. Selanjutnya
tekan angka atau huruf yang mewakili tab atau ribbin perintah.
2.
Menampilkan
atau Menyembunyikan ruler
Cara untuk melakukan langkah
sebagai berikut.
a. Cara
pertama dengan mengklik tab View, kemudian pilih atau ceklist Ruler.
b. Cara
kedua dengan mengklik ikon View Ruler yang berada diatas scroll bar vertical.
3.
Mengatur
tampilan Word
Bentuk tampilan dokumen tersebur,
antara lain.
a. Tampilan
Print Layout
Untuk
memilih tampilan dokumen ini, pertama klik tab View, kemudian pada grup
Document Views, klik Print Layout atau klik tombol Print Layout yang berada di
kanan baris status.
b. Tampilan
Draft (draft View)
Tampilan
draft sangat baik digunakan untuk mengetik teks, menyunting, dan memformat
teks.
c. Tampilan
Full Screen Reading
Tampilan
Full Screen Reading digunakan untuk memudahkan anda membaca dokumen.
d. Tampilan
Thumbnails
Tampilan
Thumbnuils berfungsi untuk memudahkan anda berpindah halaman.
4.
Mengatur
ukuran tampilan
Cara mengubah ukuran tampilan
dokumen dilayar sebagai berikut.
a. Klik
tab View, kemudian pada grup Zoom, klik Zoom atau klik 100% yang berada dibaris
status.
b. Di
layar akan terlihat kotak dialog Zoom.
c. Pada
bagian Zoom To, klik pilihan persentase tampilan,.
d. Klik
Ok.